Contoh Surat: TERM OF REFERENCE KELUARGA ASUH ROHIS IPDN

::Portal Download Surat Dinas Lengkap format Word Tinggal di Edit >>Klik Disini<< ::


TERM OF REFERENCE
“KELUARGA ASUH ROHIS IPDN”
BIDANG KEROHANIAN ISLAM WAHANA WYATA PRAJA IPDN

PENDAHULUAN
Institut Pemerintahan Dalam negeri adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang mengacu kearah pendidikan para kader pamong praja yang mencetak para birokrat atau ahli birokrasi yang handal dalam mengabdi kepada negara dan masyarakat di seluruh pelosok nusantara sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Bidang Kerohanian Islam Wahana Wyata Praja IPDN, sebagai salah satu unit kegiatan praja yang terwadahi dalam organisasi senat Wahana Wyata Praja memiliki Visi Menciptakan Kader Pamong Praja yang religious, profesional, Negarawan dan Humanis. Seiring dan sejalan dengan Visi lembaga yakni unggul dalam menyiapkan kader pamong praja yang berwawasan negarawan, ilmuan, profesional dan demokratis dengan berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memperhatikan lingkungan local, nasional dan global. Rohis IPDN ikut andil dan mengambil sedikit peran lembaga dalam upaya menciptakan kader pamong praja yang memiliki jiwa negarawan dan nasionalis. Peran tersebut berupa penanaman ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan pembinaan mental spiritual praja melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat religius.

Berkenaan dengan hal tersebut, Bidang Kerohanian Islam Wahana Wyata Praja IPDN ingin mewadahi para praja dalam kesadaran pentingnya berbagi dengan sesama yang kurang mampu serta peningkatan kualitas pendidikan dan mentalitas masyarakat sebagai generasi penerus bangsa. Oleh karena itu Bidang Kerohanian Islam Wahana Wyata Praja IPDN bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan Keluarga Asuh Rohis IPDN yang akan dilaksanakan oleh Praja muslim yang bersedia menjadi kakak asuh dan Siswa-Siswi SMU kelas X dan XI sekitar Jatinangor yang berprestasi dan kurang mampu untuk menjadi adik asuh.

Sebagai gambaran umum, kegiatan dimaksud adalah kegiatan pendanaan biaya pendidikan sekolah bulanan dalam jangka waktu satu tahun berjalan, yang pendanaan tersebut berasal dari Praja muslim yang bersedia menjadi Kakak Asuh kepada Siswa-Siswi SMU kelas X dan XI yang menjadi adik asuh.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, kami yakin, kami telah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk sedikit banyak membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan dan mentalitas masyarakat sebagai penerus bangsa, meringankan beban masyarakat kurang mampu dan pencitraan nama baik lembaga IPDN dalam kawasan Jatinangor. Dengan berbagai macam pertimbangan yang matang, selayaknya dan seharusnya Lembaga mendukung dan mensupport kegiatan ini.

DASAR KEGIATAN
  1. Menyiapkan kader-kader generasi bangsa yang berakhlakul karimah.
  2. Menumbuhkan jiwa berbagi dengan sesama yang kurang mampu.
  3. Sebagai wadah untuk menyadarkan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan dan mentalitas masyarakat sebagai generasi penerus bangsa.

MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun Maksud diselenggarakan kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” adalah menanamkan rasa pentingnya sebuah sikap toleran dan prinsip rasa berbagi dengan sesama dan dalam rangka pembinaan potensi Siswa-Siswi SMU berprestasi dan unggul dalam hal akademis dan mentalitas. Sehingga muncul kader penerus perjuangan bangsa yang religius dan negarawan serta berakhlakul karimah.

Tujuan terselenggaranya kegiatan ini diantaranya adalah:
  1. Organisasi Bidang ROHIS WWP IPDN ikut berperan dalam membantu masyarakat yang kurang mampu dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.
  2. Menumbuhkan rasa berbagi kepada sesama yang kurang mampu
  3. Menumbuhkan semangat menuntut ilmu
  4. Membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan
  5. Mempererat tali silaturrahmi baik antara Praja muslim dan masyarakat
  6. Pencitraan nama baik Lembaga IPDN sebagai Pendidikan Tinggi Kepamong Prajaan.

SASARAN
Sasaran pelaksanaan kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” adalah Nindya Praja, Nindya Wanita Praja, Madya Praja, Madya Wanita Praja yang bersedia menjadi sebagai Kakak Asuh dan Siswa-siswi SMU kelas X dan XI di sekitaran Jatinangor yang menjadi Adik Asuh.

NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “KELUARGA ASUH ROHIS IPDN”

BENTUK KEGIATAN
Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah berupa sumbangan berbentuk infaq Praja muslim sebagai Kakak Asuh perbulan yang rutin selama periode 1 (satu) tahun berjalan dan total sumbangan yang diterima akan disetorkan kepada orang tua masing-masing Siswa-Siswi SMU kelas X dan XI. Selain itu, akan diadakan program pengembangan karakter melalui pembinaan kepemimpinan oleh Praja muslim dan diwajibkan untuk mengajar di TPA Masjid Daarul Maarif IPDN selama 1 (satu) tahun berjalan.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Adapun kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” ini akan dilaksanakan pada:
  • Waktu : 1 Mei 2011 s.d. 30 April 2012
  • Tempat : Masjid Daarul Maarif IPDN

PESERTA
Kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN”  ini akan diikuti oleh:
  1. Seluruh Praja muslim yang bersedia menjadi Kakak Asuh.
  2. Siswa-Siswi SMU kelas X dan XI sekitar Jatinangor sebagai Adik Asuh.
  3. Seluruh kepanitiaan “Keluarga Asuh Rohis IPDN”

KEPANITIAAN
Kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” diselenggarakan oleh Rohis IPDN dengan susunan Kepanitiaan terlampir.

ANGGARAN
Kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” diselenggarakan dengan estimasi biaya terlampir.

PENUTUP
Sebagai organisasi/ Unit Kegiatan Praja yang menitikberatkan pada aspek pembinaan mental rohani dan spiritual praja, Rohis IPDN juga sebagai wadah kreativitas Praja muslim dalam hal penanaman jiwa nasionalisme dan negawawan yang didasarkan pada aspek religiusitas. Sehingga kedepannya, para purna praja memiliki keteguhan jiwa dalam bekerja dan mengabdi sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat. Kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” adalah sebagai bukti keseriusan rohis dalam membentuk kader pamong praja yang religious, negarawan dan humanis. Sejalan dengan visi Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Harapan kami, dengan kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” Lembaga dapat memberikan kepercayaan dan memberikan respon positif, serta memberikan dukungan terhadap kegiatan yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh Rohis. Semoga kegiatan “Keluarga Asuh Rohis IPDN” ini dapat terselenggara dan dapat memberikan kontribusi kepada lembaga dalam pencitraan positif IPDN dan masyarakat Jatinangor dalam meningkatkan kualitas pendidikan akademis dan kepemimpinan Siswa-Siswi SMU kelas X dan XI.

Ketua Pelaksana Harian
TTD
MP. Prahara Satria Ramadhan
NPP. 20.0762

Kepala Bidang Rohis IPDN
TTD
NP. Arif Dharmawan
NPP. 19.0473

Kepala Kantor Agama WWP IPDN
TTD
NP. Tirta Arifin
NPP. 19.0540

Sekretaris
TTD
MP. Muhammad Arafat Imam Ghozali
NPP. 20.0512

Gubernur Wahana Wyata Praja
TTD
NP. Arif Fahmi Agustiar
NPP. 19.0474

Koordinator Pelaksana Kerohanian Islam
TTD
H. Lasak BP, S.Pdi
NIP. 19670101 199303 1 001

Menyetujui,
Kepala Bagian Ekstrakulikuler
TTD
Drs. H. Ujud Rusdia, M.Si
NIP. 19660726 199703 1 001

Lampiran 1
SUSUNAN KEPANITIAN

Pelindung :
REKTOR IPDN
Penasehat :
Pembantu Rektor III
Kepala Biro III
Kepala Bagian Pengasuhan
Kepala Bagian Ekstrakulikuler

Penanggung Jawab :
NP. Arif Dharmawan
NP. Irwandy Sugiharto
NP. Ghani Hakim

Ketua Pelaksana Harian: MP. Prahara Satria Ramadhan
Sekretaris: MP. Muhammad Arafat Imam Ghozali
Bendahara I: MP. Khaerul Umam
Bendahara II: MP. Denny Saputra
Bendahara III: MP. Kartika Setyaningrum
Bendahara IV : MP. Eva Anjarika Rahmawati
Humas: MP. Mulya Dharmawan

Bagian Program dan Pembinaan :MP. Riyan Jaelani
MP. Muhammad Fadhil
MP. Muhammad Supiani

Bagian Pengendalian: MP. Ibnu Khaldun
MP. Teguh Akrianto Kotto

Lampiran 2
RANCANGAN ANGGARAN
Anggaran akan dicatat dan dipertanggung-jawabkan oleh Panitia “Keluarga Asuh Rohis IPDN” secara transparan dan akuntabilitas setiap bulannya dalam bentuk Laporan Pertanggung-jawaban yang akan dipulbikasikan di dalam Mading Masjid Darrul Maarif IPDN.
Contoh Surat: TERM OF REFERENCE KELUARGA ASUH ROHIS IPDN Contoh Surat: TERM OF REFERENCE KELUARGA ASUH ROHIS IPDN Reviewed by Santana Primaraya on 1:48:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.