Alasan Ilmiah Baiknya Makan Menggunakan Tiga Jari dan Mengulum Tangan Setelah Makan

Baca Referensi Serupa Lain (Klik Disini)
Ka’ab bin Malik r.a berkata, “Rasulullah biasanya makan dengan tiga jari, dan beliau mengulum tangannya serta membersihkannya”. (HR. Muslim)
“Apabila seseorang telah selesai makan, maka janganlah dia membersihkan tangannya sebelum dia mengulumnya.” (HR. Muslim)
Tetapi apakah tidak boleh dengan empat atau lima jari? Sebenarnya tidak harus menggunakan tiga jari saja. Makan menggunakan lebih dari tiga jari diperbolehkan jika makanan itu mengandung kuah atau sejenisnya yang tidak mungkin dimakan dengan tiga jari.

Lalu apa hikmah dari makan menggunakan jari tangan? Imam Al-Ghazali, dalam kitab Ihya’ Ulumiddin-nya, menjelaskan bahwa aktifitas makan dengan menggunakan jari tangan itu dapat dilihat dari empat sisi, yaitu:
  1. Makan dengan menggunakan satu jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat marah
  2. Dengan dua jari akan menghindarkan dari sifat sombong
  3. Makan dengan tiga jari akan menghindarkan dari sifat lupa
  4. Dan makan dengan menggunakan empat atau lima jari dapat menghindarkan dari sifat rakus.

Kemudian mengapa Rasulullah didalam riwayat Hadistnya makan hanya menggunakan tiga jari? Karena sesungguhnya makan menggunakan tiga jari akan membuat setiap orang dapat mengukur porsi makanan yang cocok bagi dirinya. Ia juga dapat menjadikan setiap suap yang masuk ke dalam mulut dapat dikunyah dan bercampur dengan air liur dengan baik sehingga kita tidak akan mengalami gangguan pencernaan.
Portal link tips kesehatan dalam makan dan minum [Klik Disini]

Alasan Ilmiah Baiknya Makan Menggunakan Tiga Jari dan Mengulum Tangan Setelah Makan Alasan Ilmiah Baiknya Makan Menggunakan Tiga Jari dan Mengulum Tangan Setelah Makan Reviewed by Unknown on 8:06:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.