Liburan Menyenangkan dengan Bersepeda

Baca Referensi Serupa Lain (Klik Disini)
Hari libur paling asyik jika dimanfaatkan untuk berolahraga bersama keluarga. Salah satunya adalah bersepeda keliling kota. Namun demikian, para pengguna sepeda juga wajib mengetahui faktor keselamatan selama di jalan, berikut ada beberapa tips agar bersepeda tetap aman dimasa liburan Anda:

1. Cek Kondisi Sepeda

Sebelum meluncur di jalan, cek dahulu kondisi semua bagian di sepeda Anda, mulai dari ban, roda, rem, rantai dan lainnya. Kencangkan semua baut yang ada. Pastikan ban sepeda Anda cukup terisi angin. Cek juga apakah rantai sepeda Anda cukup terlumasi. Atur tinggi rendah jok sepeda dan stang kemudi. Gunakan pelindung diri, seperti helm, sarung tangan, pelindung lutut dan siku. Pakai masker dan kacamata bila perlu.
Pastikan Anda Terlihat Pengendara Lain. Pengemudi sepeda cenderung luput dari perhatian para pengguna jalan lain. Pakailah kaos atau jaket yang berwarna cerah saat bersepeda agar keberadaan Anda terlihat pengendara lain. 

2. Tengok ke Belakang

Banyak sepeda yang tak dilengkapi kaca spion. Satu-satunya cara untuk mengetahui kondisi di belakang Anda adalah dengan menengok. Belajarlah untuk menengok ke belakang tanpa menggoyangkan sepeda atau badan Anda. Mahir melakukan itu, maka keseimbangan Anda akan terlatih.

3. Tangan Sebagai Sein.

Karena sepeda juga tak memiliki lampu sein. Maka gunakan tangan Anda sebagai penggantinya. Jangan ragu untuk merentangkan tangan kiri sejauh mungkin ketika ingin berbelok ke kiri dan tangan kanan untuk arah sebaliknya. Lakukan beberapa meter sebelum Anda berbelok.

4. Jangan Dengarkan Musik.

Orang yang bersepeda sambil mendengar musik dari earphone dua kali berisiko mengalami kecelakaan dibandingkan yang tidak. Konsentrasi Anda akan terbagi antara mendengarkan musik dan memerhatikan jalan. Hindari kebiasaan jelek ini. 

5. Berjalan Kaki.

Jika merasa lelah, lebih baik berhenti dahulu atau berjalan kaki sambil menuntun sepeda Anda. Dalam kondisi jalanan yang cukup ramai atau semrawut, menuntun sepeda Anda juga lebih aman.
Liburan Menyenangkan dengan Bersepeda Liburan Menyenangkan dengan Bersepeda Reviewed by Unknown on 10:40:00 PM Rating: 5

1 comment:

Unknown said...

Keren postingan gan, saya juga mau nih liburan sambil sepedaan besok minggu... :D

Powered by Blogger.