Bisnis marketplace di Indonesia memang sedang laku, seperti dahulu marketplace global seperti multiply, ebay dll hingga marketplace lokal seperti bukalapak dan tokopedia, hingga pada tahun 2014 ini akan ada satu lagi yang secara diam-diam muncul ke masyarakat Indonesia, yakni Elevenia.co.id, yang merupakan proyek hasil kerja sama antara perusahaan telekomunikasi Indonesia, XL Axiata, dan perusahaan layanan online dan mobile Korea Selatan, SK Planet. XL Axiata sendiri sekarang punya 72 juta orang pelanggan di Indonesia. Sedangkan SK Planet adalah perusahaan yang menjalankan marketplace terbesar di Korea, 11st. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jika proyek tersebut dibuka dan akan banyak orang akan mengunjungi situs tersebut.
Elevenia ingin membedakan dirinya dari marketplace lain dengan menyediakan poin imbalan untuk pembeli dan penjualnya. Penjual bisa mengumpulkan poin tersebut dan menukarkannya dengan hal-hal yang bisa meningkatkan penjualan seperti penempatan iklan. Sementara pembeli bisa mendapatkan diskon dari poin yang terkumpul.
Elevenia mengatur transaksi mereka melalui sistem pembayaran escrow, sistem yang paling aman dalam bertransaksi online. Dan dari awal toko online ini mendapatkan uang dari komisi penjualan dari para penjual. Elevenia mendapat lima persen dari tiap transaksi produk elektronik dan gadget, dan 10 persen untuk produk lainnya.
Bagi penjual, terdapat dua tipe penjual di Elevenia: individual dan bisnis, tapi perusahaan ini mengatakan bahwa keduanya akan diperlakukan sama. Situs ini juga sudah membuka pendaftaran untuk penjual yang berlokasi di luar Indonesia. Penjual di Elevenia harus meng-scan dan meng-upload beberapa dokumen resmi seperti KTP dan buku tabungan untuk mendaftar. Hingga kami mendaftar bulan Januari 2014, no rekening yang dapat digunakan hanya pada Rekening Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA).
Bersiap untuk Peluncuran Maret 2014
Saat ini Elevenia masih merekrut penjual sebelum melakukan peluncuran resmi di bulan Maret 2014. Perwakilan Elevenia mengatakan bahwa ada ratusan hingga ribuan penjual yang telah mendaftar ke layanan ini sejak tanggal 1 November.
Elevenia akan mengadakan meet-up offline di Kuningan, Tanah Abang, dan Mangga Dua. Tujuannya adalah untuk mengedukasi penjual mengenai bagaimana cara menjual yang efektif di situs ini (misalnya bagaimana memotret foto yang bagus). Situs ini akan mulai menjual produk-produknya setelah peluncurannya di bulan Maret tahun depan.
Dengan hadirnya Elevenia, persaingan marketplace online di Indonesia semakin memanas. Elevenia harus bersaing dengan Tokopedia, BukaLapak dan Lamido milik Rocket Internet (pendiri Lazada.co.id). Meskipun tiap perusahaan sudah mempersiapkan strategi monetasi, para penjual masih bisa menjual produk mereka secara gratis dan tidak harus membayar komisi ke empat perusahaan lain tersebut.
Artikel ini pertama kali muncul di Tech in Asia Indonesia, diberikan penambahan informasi up to date secukupnya oleh tim MediatamaMag.com.
Hot Marketplace 2014, Elevenia.co.id dari PT XL Axiata dan SK Planet (Korea Selatan)
Reviewed by Unknown
on
10:19:00 PM
Rating:
2 comments:
http://www.mediatamamag.com/2014/01/hot-marketplace-2014-eleveniacoid-dari.html
Thanks to my father who shared with me regarding this website,
this weblog is in fact awesome.
my blog; Iron Gym Murah
Post a Comment