Fakta Ilmiah Lebih Baik Bangun Pagi dan Mendirikan Sholat Malam (Qiyamul Lail)

Baca Referensi Serupa Lain (Klik Disini)
Pada saat seseorang bangun ditengah malam lalu menggelar sajadah untuk menunaikan shalat qiyamul lail (seperti shalat tahajud), ia berada dalam kondisi layaknya orang yang melakukan meditasi dan relaksasi (hal serupa dilakukan pada aktivitas Yoga dll). Tetapi tahukah kita bahwa qiyamul lail ternyata mampu menjadi tips kesehatan yang baik untuk mempertahankan hormon melatonin dalam jumlah yang stabil?

Hormon melatonin adalah hormon yang akan membentuk sistem kekebalan dalam tubuh sehingga mampu membatasi gerak pemicu tumor seperti estrogen. Melantonin ini berfungsi sebagaI anti-oksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan anti-aging (penuaan). Semakin dewasa seseorang maka kadar hormon ini akan semakin berkurang dan bahkan kadarnya tidak stabil akibat pengaruh beberapa zat racun seperti polutan, kafein, zat pestisida dalam sayuran yang kita makan dll.

Dalam sebuah disertasinya yang berjudul “Pengaruh shalat tahajjud terhadap peningkatan perubahan respon ketahanan tubuh imonologik: Suatu pendekatan siko-neuroimonologi”, Prof. Dr. Mohammad Sholeh, MPd, beliau berhasil menggondol gelar S-3 di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya selaku peneliti mengungkapkan bahwa shalat tahajud dapat menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imonolog) khususnya pada imonoglobin M, G, A dan limfosit-nya yang berupa persepsi dan motivasi positif, serta dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi. Shalat Qiyamul Lail yang dimaksudkan bukan sekedar mengerjakan shalat disertai rangkaian gerakan-gerakannya, namun harus dikerjakan secara rutin setiap malam disertai dengan ketepatan gerakan shalatnya, kekhusyukan dan keikhlasan seseorang yang ber-Qiyamul Lail.

Dalam artikel yang lain disebutkan bahwa shalat Qiyamul Lail mampu mengaktifasi pembakaran panas, pencegahan peningkatan lemak jenuh dan juga meningkatkan kadar asetilkolin. Portal link tips kesehatan dalam menjaga kesehatan dari penyakit [Klik Disini]

[MediatamaMag.com - Arfa Stvdio]
Fakta Ilmiah Lebih Baik Bangun Pagi dan Mendirikan Sholat Malam (Qiyamul Lail) Fakta Ilmiah Lebih Baik Bangun Pagi dan Mendirikan Sholat Malam (Qiyamul Lail) Reviewed by Unknown on 7:56:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.