Fakta Ilmiah Supaya Sehat dengan Cara Menangis karena Allah

Baca Referensi Serupa Lain (Klik Disini)
Dari Ibnu Abbas ra. berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Ada dua mata yang tidak akan tersentuh oleh api neraka. Mata yang menangis karena takut kepada Allah. Dan mata yang begadang berjaga dalam jihad fisabilillah.” (HR. At-Tirmizy, sanad Hasan Shahih)


a. Membantu Penglihatan

Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bahaya akibat dehidrasi itu bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

b. Membunuh Bakteri

Sebenarnya secara kodrat seseorang tidak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai anti-bakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri seperti pada bakteri-bakteri yang tertinggal pada keyboard komputer, pegangan tangga, telapak tangan setelah menutup bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri lain yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit.

c. Mengeluarkan Racun

William Frey (Seorang ahli biokimia) telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

d. Mengurangi stres

Air mata ternyata mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi. Artinya dengan seseorang menangis maka hal ini berfungsi juga agar mencegah seseorang dari penyakit tekanan darah tinggi.

e. Meningkatkan Mood

Seseorang yang menangis mampu menurunkan tingkat depresi atau dengan kata lain seseorang yang menangis membuat mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tangisan karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam me-regulasi sistem metabolisme tubuh, hal tersebut lebih baik dibanding air mata yang secara respon dikeluarkan saat mata terjadi iritasi.

f. Melegakan Perasaan

Pada kasus semua orang rasanya akan merasakan hal seperti demikian manakala sudah selesai dirinya menangis. Meskipun seseorang pasti akan dihadapkan pada berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.
Setelah menangis maka sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar dan terbukti bahwa hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Semakin menjadi-jadi bentuk tangisan seseorang maka akan semakin melegakan perasaannya.

g. Membangun Kedekatan pada Tuhan

Saat menangis perasaan seseorang berpindah pada tingkatan paling sensitive dimana hati mudah tersentuh, saat seseorang hamba mengadukan pada Sang Penciptanya untuk setiap permasalahannya maka secara psikologi akan timbul kedekatan hati seseorang yang menangis pada Sang Penciptanya dan setelah masalah telah diceritakan pada Tuhan maka gelisah akan hilang dan yang tertinggal adalah kekhidmatan. Lalu tahukah bahwa kekhidmatan akan berpengaruh positif terhadap daya pikir seseorang? Berikut penjelasannya.

Allah swt menciptakan otak manusia agar terdiri dari berjuta sel otak namun anehnya semua manusia (sampai kepada manusia yang jenuis sekalipun) tidak pernah menggunakan otaknya lebih dari 2%. Tetapi saat seseorang dalam keadaan khidmat maka kemampuan menggunakan sel otak menjadi meningkat, hal itu dikarenakan aliran darah ke otak dan oksigen menjadi meningkat sehingga seseorang mampu memecahkan berbagai permasalahan yang semula dianggap besar menjadi masalah yang sepele (mudah) baginya. Hal ini dapat pahami bahwa manakala seseorang sedang khidmat shalat maka seringkali tanpa disengaja pikiran sering merespon pada perihal yang tadinya terlupa menjadi teringat, namun menjadi lupa kembali saat orang tersebut telah menyelesaikan shalat dalam keadaan khidmatnya (contoh teringat dimana meletakkan kunci mobil dll). Portal link tips kesehatan dalam menjaga kesehatan dari penyakit [Klik Disini]
Fakta Ilmiah Supaya Sehat dengan Cara Menangis karena Allah Fakta Ilmiah Supaya Sehat dengan Cara Menangis karena Allah Reviewed by Unknown on 7:22:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.