Ilmu Filsafat Islam didalam Buku Biografi Habibie Ainun

BJ Habibie Memimpin dan selalu berpegang pada filsafat dasar. Derivatif atau turunan dari filsafat dasar adakah prinsip dasar yang terdiri atas lima prinsip untuk meningkatkan:

Pertama, kualitas berpikir
Kedua, kualitas bekerja.
Baik kualitas berpikir maupun kualitas bekerja, erat kaitannya dengan produktivitas bekerja. Berpikir dan bekerja adalah satu dengan yang lain berhubungan. Bukankah orang yang bekerja itu harus berpikir? Bagaimanapun orang bekerja harus berpikir? Bagaimana keduanya dapat melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku, supaya apa yang dilaksanakan sesuai dengan harapan.
Ketiga, meningkatkan kualitas berkarya.
Ada perbedaan, orang yang berkerja, sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku, dan orang-orang yang berkarya, yang mengembangkan pemikiran-pemikiran baru dan kalau perlu, merubah peraturan-peraturan yang berlaku. Dengan sasaran strategi dirubah yang mampu meningkatkan taraf kehidupan dari manusia itu sendiri. Hanya manusia sajalah, yang dapat berpikir, bekerja dan berkarya. Hanya manusia yang dapat meningkatkan kualitas kehidupannya sepanjang masa. Tahapan demi tahapan dari kualitas kehidupan manusia.
Keempat, adalah meningkatkan kualitas iman dan takwa atau saya singkat IMTAK.
Sekaligus meningkatkan kualitas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Itu harus dilakukan dalam satu tarikan nafas. Manusia sepanjang masa tidak boleh berhenti untuk meningkatkan Imtak yang harus seimbang dengan Iptek. Yang dihadapi sekarang adalah dominasi dari Iptek atas beban pengorbanan kualitas Imtak. Karen itu kehidupan di bumi mengalami krisis nilai (crisis of values). Krisis nilai moral dan etika yang mengakibatkan manusia-manusia yang berada dimanapun, kalau tidak hati-hati dan hanya melihat keuntungan Iptek dan keuntungan ekonomisnya saja, menghalalkan semua cara untuk mendapatkan sesuatu, maka akan membahayakan implementasi dalam arti keadilan yang tidak dapat dilepaskan dari etik dan nilai-nilai moral.
Kelima, sebagai akibat dari keempat prinsip yang telah dijelaskan sebelumnya
Insya Allah akan menghasilkan kualitas kehidupan di Indonesia yang terus meningkat, yang akan terus dipenuhi oleh inspirasi para cendikiawan, khususnya cendikiawan muslim se-Indonesia. Inspirasi ini akan senantiasa berkembang agar dapat meningkatkan kualitas kehidupannya sehingga terjamin kualitas ketentraman dan keadilan di bumi pertiwi yang kita cintai.
Ilmu Filsafat Islam didalam Buku Biografi Habibie Ainun Ilmu Filsafat Islam didalam Buku Biografi Habibie Ainun Reviewed by Santana Primaraya on 3:51:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.