Kutipan Al-Quran untuk Patuh Terhadap Orang Tua dan Mengurus Anak Yatim

Patuh kepada Allah Swt dan Orang tua:
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu". (QS. Lukman: 14)
Bagaimana memperlakukan orang tua:
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".  Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertobat". (QS. Al Israa': 24-25)
Masalah agama, tetapi tetap menghargai:
"Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Al Ankabuut: 8)

Dalam konteks lain, berikut adalah kutipan Al-Quran tentang anak yatim:
Dilarang mendurhakai anak yatim:
"Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar". (QS. An Nisaa: 2)
Mengurus anak yatim:
"... Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu menggauli mereka, maka mereka adalah saudaramu..." (QS Al Baqarah:220)
"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin." (QS Al Maa'uun: 3)

Kutipan Al-Quran untuk Patuh Terhadap Orang Tua dan Mengurus Anak Yatim Kutipan Al-Quran untuk Patuh Terhadap Orang Tua dan Mengurus Anak Yatim Reviewed by Santana Primaraya on 8:05:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.