Alasan Ilmiah Baiknya Tidak Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Baca Referensi Serupa Lain (Klik Disini)
Hikmah dari tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang adalah karena idealnya kapasitas perut baiknya dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu sepertiga untuk makanan (zat padat), sepertiga untuk minuman (zat cair) dan sepertiga lagi untuk udara (gas).

Sabda Rasul saw. ”Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Adapun menurut riwayat bahwa dahulu pasukan orang Arab sungguh memiliki fisik tubuh yang kuat dan tahan dari berbagai penyakit ketimbang para pasukan Romawi dan Persia. Maka dikisahkan ada seseorang yang bertanya kepada Rasul saw tentang apakah rahasia fisik kuat pasukan Muslim Arab tersebut. Maka Rasul saw menjawab melalui sabdanya, "Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)" (Kitab Muttafaq Alaih). Perhatikan juga sabda Rasul Saw tentang keutamaan seseorang yang senantiasa menjaga pola makannya seperti berikut ini.
“Sesungguhnya setan itu berjalan didalam diri manusia melewati tempat mengalirnya darah, maka sempitkanlah jalannya setan dengan lapar”. (HR. Bukhori dan Muslim)

Portal link tips kesehatan dalam makan dan minum [Klik Disini]

Alasan Ilmiah Baiknya Tidak Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Makan Sebelum Kenyang Alasan Ilmiah Baiknya Tidak Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Makan Sebelum Kenyang Reviewed by Unknown on 8:24:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.