KATA PENGANTAR BUKU CATATAN AKHIR KULIAH: PRAJA PENULIS BUKU


TENTANG PRAJA PENULIS BUKU
Halo, perkenalkan nama panggilan saya Arafat dan nama pena saya adalah M Arafat Imam G. Salam kenal hangat ya dari saya. J
Sebagai salam yang membawa berkah maka saya tidak lupa mengucapkan, “Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu” yang artinya “Semoga keselamatan dan rahmat Allah atasmu sekalian”.
Pertama-tama saya ingin menyampaikan bahwa saya yang menulis buku ini adalah seorang manusia biasa, artinya tidak dikaruniai kelebihan diatas rata-rata orang kebanyakan, tetapi saya hanya mensyukurinya dan saya bisa mengembangkan potensi ini menjadi seorang penulis berbagai buku dan pembicara seminar walau saya masih seorang Praja atau Mahasiswa di IPDN Kampus Jatinangor, Sumedang. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) sendiri adalah sekolah tinggi kepamongprajaan tempat dididiknya calon birokrat di Pemerintahan Dalam Negeri dan menjadi hal yang patut disyukuri adalah saat saya masih menjadi peserta didik di IPDN, saya dan rekan-rekan satu angkatan sudah diangkat menjadi CPNS. Sehingga kami juga sudah layak dikatakan sebagai seorang birokrat murni. Hal itulah mengapa meskipun saya masih berstatus sebagai seorang Praja namun sudah bisa menampilkan identitas dibawah nama saya sebagai seorang Birokrat, Penulis dan Pembicara.
Ada berbagai kisah yang saya dapatkan dari berbagai pengalaman yang saya temukan hikmahnya sehingga saya juga memberanikan untuk menulis berbagai catatan selama saya menjadi Praja IPDN yang semoga bermanfaat dan menginspirasi semua pembaca buku ini. Dimana segmentasi pembaca buku ini adalah untuk semua pelajar/mahasiswa jurusan apapun dan di universitas manapun. Yah tentu saja jika ada pembaca yang sudah tidak lagi mahasiswa ataupun adek-adek yang belum kuliahpun jika ingin membaca maka baca saja, jangan kemudian karena saya katakan segmentasinya hanya mahasiswa maka buku ini langsung dibuang bahkan dibakar. Tetapi bacalah, toh tidak ada ruginya kita membaca tulisan apapun itu. Ohiya patut diketahui pembaca bahwa buku ini bukan buku biografi saya, sekali lagi bukan! Tetapi buku ini lebih mirip buku CEO’s Note dan Manufacturing Hope!-nya bapak Dahlan Iskan, yaitu buku yang berisi catatan-catatan mingguan saya yang saya kumpulkan dan bukukan. Jadi bisa juga dikatakan bahwa buku ini adalah buku gado-gado. Karena saat kita makan gado-gado, kita tidak akan melihat itu lontong atau kubis melainkan santap saja semuanya sampai habis. Hi.. hi.. hi..

TENTANG CATATAN AKHIR KULIAH
Saat saya mengajukan judul ini sebagai buku keempat beberapa teman langsung merespon dengan mengatakan bahwa saya akan berubah haluan dari penulis non-fiksi menjadi penulis fiksi (novel), karena memang pada tahun-tahun sebelumnya ada film layar lebar yang berjudul Catatan Akhir Sekolah (CAS) yang ngetop saat saya masih sekolah di SMP. Tetapi inipun tetap merupakan buku non-fiksi berjenis how-to dan kisah inspiratif.
Adapun ada orang yang menyangka saya akan mengetikkan berbagai catatan selama empat tahun kuliah di IPDN lalu akan dijadikan sebuah buku kumpulan catatan perkuliahan. Tetapi bukan juga, karena secara jujur binder yang terdapat lembaran-lembaran catatan dari semester 1 sampai akhir semester 6-pun sudah hilang entah dimana dan begitu pula binder bergambar angry bird kuning yang digunakan untuk mencatat sepanjang semester 7 kemarin juga sudah hilang. Dapat dimaklumi karena kondisinya adalah lingkungan asrama, jadi jika bukan ‘hilang’ maka ‘kehilangan’ (artinya beda-beda tipis tuh). Jadi ini juga bukan kumpulan catatan perkuliahan.
Jadi yang saya maksud dengan ‘Catatan Akhir Kuliah’ ini adalah kumpulan catatan mingguan dari saya pada beberapa bulan terakhir hingga saya dikukuhkan menjadi seorang Pamong Praja Muda oleh Bapak Presiden RI bulan Agustus 2013. Seperti halnya seorang kakek-kakek yang sudah sepuh dan merasa ajalnya sudah dekat, maka dirinya sibuk membuat kebijakan tentang harta waris gono-gini-nya. Maka seperti itu juga saya dalam menuliskan buku ini. Agar besar harapan saya, di kemudian hari semakin banyak para mahasiswa, Praja IPDN atau Taruna/i sekolah kedinasan manapun yang mampu terinspirasi dari buku ‘Catatan Akhir Kuliah’ saya ini. Sehingga secara tidak langsung akan terus menambah amal jariyah saya selaku penulisnya, aminn.. J
KATA PENGANTAR BUKU CATATAN AKHIR KULIAH: PRAJA PENULIS BUKU KATA PENGANTAR BUKU CATATAN AKHIR KULIAH: PRAJA PENULIS BUKU Reviewed by Santana Primaraya on 3:35:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.