Alasan Ilmiah Baiknya Makan Mulai dari Pinggir Makanan/Jangan Dari Tengah agar Keberkahan Makanan itu Sempurna

Baca Referensi Serupa Lain (Klik Disini)
Umar bin Abu Salamah r.a berkata, “Saya diasuh oleh Rasulullah (ketika saya masih anak-anak) dan tangan saya selalu meraih setiap piring yang berisi makanan, lalu Rasulullah bersabda kepada saya, ‘Wahai anakku, sebutlah nama Allah sebelum makan, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makan hidangan yang didekatmu”. (HR. Muslim)
Hidangan yang didekatmu adalah dapat diartikan juga sebagai bagian pinggiran dari hidangan yang tersaji di sisi luar piring. Secara keberkahan sebuah amalan tentu hanya Allah Swt yang lebih mengerti ketimbang manusia, namun jika berdasarkan perkara keilmiahan para ilmuan sekiranya ditemukan beberapa tinjauan yang menunjang kebenaran hadist tersebut diatas sebagai berikut:
  1. Apabila makanan tersebut tersaji panas, maka bagian sisi terluar dari hidangan akan lebih mudah dingin (dalam artian bersuhu netral), sedang pada bagian tengah terus mengalami pemanasan suhu yang terpusat ditengahnya. Hal ini berkenaan dengan kondisi lambung yang tentu akan tidak baik apabila diberikan asupan makanan yang panas.
  2. Apabila dalam konteks makan besar (banyak makanan diatas meja) maka hal itu berguna agar membiasakan orang agar tidak tergesa-gesa dan dalam memakan hidangan hingga tidak timbul sifat serakah (dengan memakan hidangan yang tersaji didekatnya).
Portal link tips kesehatan dalam makan dan minum [Klik Disini]

Alasan Ilmiah Baiknya Makan Mulai dari Pinggir Makanan/Jangan Dari Tengah agar Keberkahan Makanan itu Sempurna Alasan Ilmiah Baiknya Makan Mulai dari Pinggir Makanan/Jangan Dari Tengah agar Keberkahan Makanan itu Sempurna Reviewed by Unknown on 8:07:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.