Tips Hidup Sehat Ala Islam (Rasul Saw): Makan dan Minum

PERHATIKAN MAKAN DAN MINUM

Beberapa orang mungkin akan berargumen bahwa kebiasaan atau cara makan itu tidaklah penting, yang penting adalah kualitas makanan ditinjau dari aspek kandungan gizinya. Maka dari itu perusahaan makanan selalu mengiming-imingkan janji kadar gizi yang tinggi pada setiap produk makanannya namun dilain sisi cenderung memisahkan pentingnya pola asupan makan yang sebaiknya diprioritaskan. Fenomena tersebut memang tidak salah, hanya saja ada hal yang terabaikan yakni nilai ‘keberkahan’ dalam makanan itu. Mengenai hal meraih keberkahan didalam makanan tersebut dijelaskan dalam berbagai sunnah Rasul saw secara kongkrit menyebutkan berbagai tips yang dapat kita lakukan sehari-hari.
Adapun ternyata Rasul Saw selalu memperhatikan secara khusus mengenai makanan dan minuman yang dikonsumsinya, diantara berbagai tips yang dicontohkannya adalah seperti berikut ini (Demi bentuk keyakinan tertinggi seseorang terhadap tips makan Islami menyehatkan ini, penulis sajikan tidak secara dogmatis melainkan juga dengan pembuktian ilmiahnya):

Berikut adalah daftar isi 15 kajian tips kesehatan makan dan minum ala Islam pada blog ini:
  1. Selektif Terhadap Makanan dan Minuman
  2. Mengucapkan Basmalah Sebelum Makan 
  3. Makan Buah Terlebih Dahulu Sebelum Makan Hidangan Utama
  4. Makan dan Minum Pergunakan Tangan Kanan
  5. Makan Mulai dari Pinggir Makanan/Jangan Dari Tengah agar Keberkahan Makanan itu Sempurna
  6. Makan dan Minum dengan Duduk Bukan Berdiri
  7. Makan dan Minum tidak Ditiup dengan Mulut
  8. Makan dengan Tenang
  9. Tidak Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Makan Sebelum Kenyang
  10. Tidak Membuang Makanan (Me-Mubadzir-kan)
  11. Makan Menggunakan Tiga Jari dan Mengulum Tangan Setelah Makan
  12. Ketika Minum Jangan Sekaligus, Tetapi Diminum Dua atau Tiga Kali.
  13. Membaca Hamdalah Sesudahnya
  14. Tidak Boleh Mencela Makanan ataupun Minuman, karena Hal itu Pertanda Kita Tidak Bersyukur Kepada Allah
  15. Berpuasa Puasa Sunnah Senin-Kamis sebagai Bagian dari Masa ‘Maintenance’
Jika ingin membaca kajian Al-Quran dan/atau Hadist-nya yang disertai kajian kebenaran secara ilmiahnya, maka mari kita baca baik-baik tips tahap demi-tahapnya mengikuti tautan link seperti dibawah ini pada setiap lamannya, selamat membaca:


***
Keterangan:
Artikel ini berasal dari kutipan pada buku Catatan Akhir Kuliah: Praja Penulis Buku, Sebuah Buku Gado-Gado karya M Arafat Imam G pada Bab Catatan ke-11 berjudul Stronger Than Body Builder
Semua tips kesehatan pada bab buku tersebut tidak di publikasikan secara keseluruhan pada blog ini, melainkan hanya poin-poin singkat yang dirasa penulis perlu saja. Selebihnya bisa dibaca sendiri pada buku yang bersangkutan. Salam, :)
Tips Hidup Sehat Ala Islam (Rasul Saw): Makan dan Minum Tips Hidup Sehat Ala Islam (Rasul Saw): Makan dan Minum Reviewed by Santana Primaraya on 3:39:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.