Resume Buku: KEPEMIMPINAN ASTA BRATA oleh Drs. INDARTO, SH


Di simbolkan oleh watak/ laku (Brata) dari delapan (Asta) benda-benda/ komponen alam raya:

1 KEPEMIMPINAN MATAHARI
Watak dan substansi mendasar dari matahari adalah sumber energy, konsisten dalam tugas dan fungsi, jujur adil, loyal dan patuh serta bersifat kasih saying abgi kehidupan dan penghidupan semua makhluk.
  1. Sumber energy makhluk hidup: Melayani kebutuhan orang lain
  2. Terbit dari timur: Bersikap transparan/ selalu terbuka
  3. Pengakuan dan persetujuan, haruskah?: Harus ada kekuatan karakter yang menyebabkan dia percaya orang lain untuk dapat memimpin. Mampu menghadapi tekanan berlandaskan kepada kekuatan batin sehingga tidak menjadi kendala tapi tantangan yang membentuk sebuah karakter kepribadian yang lebih cemerlang.
  4. Tidak pandang bulu ataupun pilih kasih: Bersikap adil  tidak membeda-bedakan melalui SARA
  5. Memberi walau tidak diminta: Kedermawanan, sikap mengayomi dan suka member keteduhan kepada orang lain yang mengalami gangguan
  6. Patuh pada kehendak sang maha pencipta: Rendah hati, mampu belajar dengan cepat dan tepo seliro. Pemimpin yang baik juga merupakan pengikut yang baik (dalam artian kepada aturan-aturan yang berasal dari Allah SWT)


2 KEPEMIMPINAN BULAN
Gambaran yaitu Nampak dalam ketenangan pribadinya, pribadi yang halus (mampu mengontrol diri sendiri secara sempurna dan mempunyai kekuatan batin)
  1. Sinar bulan terang dan lembut: Keteduhan dan kelembutan menunjukan suatu mekanisme (seorang pemimpin yang baik selalu member jalan keluar atau alternative pemecahan yang terbaik), mengukuhkan kepribadian dan ketulusan dalam membantu orang lain yang dipimpinnya.
  2. Penuh daya tarik: Kemampuan atau kekuatan menarik di seorang pemimpin sehingga orang lain menjadi terpikat dan siap untuk membantu atau menjalankan segala rencana kita. Dikarenakan ada faktor:

  • Sopan santun dan tingkah laku yang terpuji menjadi factor magnetis sehingga orang bersimpati,
  • Mentalitas(kejujuran, dedikasi/ semangat mengabdi serta loyalitas kepada orang lain kecakapan diri


3 KEPEMIMPINAN BINTANG
Kepribadaian atau sifat-sifat utama seorang pemimpin sangat penting dalam usaha mencapai sukses. Serta kepercayaan diri, sehingga seseorang bersifat menyakinkan dan tidak menampakan keraguan dalam menghadapi suatu masalah atau meningkatkan rasa Percaya Diri adalah melalui instrospeksi secara berkesinambungan
  1. Sang penunjuk jalan: Teladan pemimpin dapat menjadi petunjuk arah/ jalan bagi orang lain. Memberi cara dan jalan keluar yang bijaksana dari permasalahan dan menjadi orang pertama yang tampil dalam penyelesaian masalah. (Terampil membaca, menggali dan mensinergikan berbagai potensi bawahan). Prinsip bintang(Ary Ginanjar): Pemimpin sejati adalah seorang yang:

  • Selalu mencintai dan member perhatian kepada orang lain disekitarnya, sehingga ia dicintai
  • Memiliki integritas yang kuat, sehingga ia dipercaya oleh pengikutnya
  • Selalu member petunjuk kepada kebenaran, bimbingan dan mengajari pengikutnya
  • Memiliki kepribadian yang kuat dan konsisten
  • Memimpin berlandaskan atas suara hati yang suci


4 KEPEMIMPINAN LANGIT
Pencerahan mengatasi kebobrokan moral/dekandensi bangsa adalah melalui proses penanaman nilai-nilai religi dan nilai-nilai etika moral kepada seluruh lapisan bangsa dan berupaya membangun semangat kearah perbaikan
Mengisyaratkan seorang pemimpin harus mempunyai keluasan ilmu dan pengetahuan, kebijaksanaan dan semua sifat dan watak yang terpuji.
  1. Luas tak berbatas: Mengajarkan prinsip kelapangan hati, kejernihan pikiran seorang pemimpin dalam menampung setiap aspirasi orang lain serta bersifat sabar. Rahasia untuk memahami aspirasi dari kita sendiri. Keluasan pandangan dan kelapangan dada seorang pemimpin adalah sifat iklas yang berarti bersedia.
  2. Awan: Harus memiliki toleransi(kemampuan untuk dapat memahami orang lain) sehingga menjadi kesadaran kolektif


5 KEPEMIMPINAN  ANGIN
Pemimpin seringkali dihadapkan dengan persoalan hidup yang menyakitkan. Maka pemimpin yang sejati akan tabah menghadapi segala kesulitan, baik pribadi maupun organisasi dan rakyatnya. Dia selalu terbuka, lapang dada, sabar dan terus bekerja keras sesuai tuntutan hati nurani yang bersih dan suci. Dihadapi dengan ekspresi diri yang positif.
  1. Angin ada dimana-mana: Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat hidup bermasyarakat, mampu menyelami kehidupan orang-orang yang berada disekelilingnya dan memberi kesejukan, mampu menampungaspirasi orang-orang yang menjadi bawahannya dan melayani orang yang ada disekitarnya. Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk bekerja sama sebagai bagian dari kepemimpinannya. Pemimpin dengan rakyatnya harus ada komunikasi tidak ada kesenjangan.


6 KEPEMIMPINAN AIR
Air dibutuhkan untuk kehidupan manusia sehari-hari dan tidak dapat delepaskan dan mempunyai fungsi-fungsinya tersendiri. Air dibutuhkan untuk kehidupan manusia sehari-hari dan tidak dapat dilepaskan dan mempunyai fungsi-fungsinya tersendiri
  1. Logika air: Ditandai dengan kesatuan, pembauran antara satu dengan yang lainnya dan bukan keterpisahan
  2. Mengalir penuh kelenturan: Tidak menyingkirkan yang menghalanginya, tetapi seorang pemimpin adalah yang berhasil akan tetapi eksistensinya nyaris tidak dirasakan orang lain (Tipe kepemimpinan Problem Solver)/ pencari jalan keluar. (Contoh adalah Bung Hatta)
  3. Ketenangan kolam: Memberi inspirasi dan menjadi cermin bagi orang lain. Sehingga orang lain dapat belajar dari diri seorang pemimpin. Ketenangan disini bukan berarti tidak dapat bertindak tegas. Ketenangan seorang pemimpin juga dapat menunjukan kedalaman ilmu yang dimiliki.
  4. Mencari bagian yang paling dasar: Kepemimpinan harus menjadikan manusia dan kemanusiaan sebagai tujuan akhirnya(Kecintaan pada kemanusiaan, penghormatan terhadap HAM, cinta kasih dan menjunjung persamaan antar sesama manusia. Pemimpin tidak sekali-kali melupakan sejarah(JAS MERAH-Soekarno)
  5. Bergerak naik secara merata: Kemajuan orang, apapun tidak akan tercapai hanya dengan mengandalkan seorang saja. Tetapi akan berusaha untuk mendorong dan memotivasi orang lain dalam lingkup orang untuk bersama-sama maju.


7 KEPEMIMPINAN API
Menjadi sosok pribadi pemimpin yang sungguh-sungguh mempunyai watak dan menjadi motor penggerak roda pembangunan. (Pelopor dan teladan dan mampu menentukan tujuannya)
  1. Panas dan membakar: Pemimpin harus memiliki keberanian dan kewibawaan dalam menegakan kebenaran dan keadilan. Pemimpin memiliki prinsip yang kuat(member semangat dan membakar motivasi orang lain(bawahannya) sehingga menciptakan kepercayaan dan pengaruh.


8 KEPEMIMPINAN TANAH
Kepemimpinan tersebut bukan hanya prospek keluar melainkan juga proses ke dalam (pengaruh terhadap diri sendiri)
  1. Multiguna dan pemberi: Watak adalah simbolisasi dari sikap baik dan sentosa, suka beramal, memberi serta berguna bagi orang lain. Kultur pamrih, terlihat dari 3 nafsu: Selalu mau menjadi orang pertama, Menganggap diri selalu benar dan Hanya memperhatikan kebutuhan dan kepentingan sendiri.
  2. Teguh dan kuat: Adanya ketangguhan pribadi yaitu saat seorang pemimpin telah memiliki pegangan prinsip hidup yang kokoh dan jelas. Sehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang dapat merubah cara berpikirnya.


Penulis Resume M Arafat Imam G dalam http://marafatimamg.com
Resume Buku: KEPEMIMPINAN ASTA BRATA oleh Drs. INDARTO, SH Resume Buku: KEPEMIMPINAN ASTA BRATA oleh Drs. INDARTO, SH Reviewed by Santana Primaraya on 9:51:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.