6 Alasan Kenapa Harus Mendirikan Penerbitan Sendiri? (Bagian 1 dari 7)

Kenapa harus mendirikan penerbitan? Pertanyaan ini dengan sendirinya dapat dijawab oleh para penulis yang telah lama malang melintang di dunia tulis-menulis. Bagi saya pribadi, pertanyaan ini cukup dalam, menyangkut pahitnya masa lalu yang terkait dengan pemasaran naskah ke penerbit dan begitu minimnya penghargaan penerbit kepada penulis buku.

Maaf saya harus mengungkapkan berita buruk ini. Setiap bulan selalu ada saja penulis yang memaksa penerbit membayarkan royalty yang belum waktunya. Di antara penulis itu bahkan meminta royalty agar dibayarkan dulu padahal buku belum diterbitkan. Tak jarang saya mendengar keluhan penulis yang tengah dililit utang, padahal dia tergolong penulis produkif dan memaksa penerbit untuk meninjamkan uang. Di tahun ajaran baru ketika anak-anak mulai sekolah lebih hebat lagi, hampir 80% penulis mengajukan permohonan peminjaman uang ke penerbit dengan jaminan buku yang sudah atau akan diterbitkan, mungkin untuk biaya sekolah anaknya. Tentu saja penerbit tidak bisa memenuhinya. Kejadian ini menandakan bahwa penulis Indonesia tidak sejahtera. Pemecahannya tiada lain kecuali mendirikan penerbitan sendiri alias self publishing.

Saya juga pernah mendengar seorang penulis kawakan berkata, “penulis Indonesia tidak mungkin kaya”. Dalam kesempatan lain saya mendengar “penulis harus siap miskin”. Perkataan ini tercermin dari kehidupan beliau yang memang seperti perkataannya. Kiprah 50 tahun dalam dunia tulis-menulis tidak mampu membangun rumah sendiri. Hingga usianya yang hampir kepala tujuh
masih saja ngontrak.                          

Bertahun-tahun perkataan itu menjadi bahan pemikiran penulis, ingin rasanya menumbangkannya. Penulis tidak yakin nasib penulis separah itu jika menjalaninya dengan penuh kreati vitas. Memang jika sekedar menulis, tentu nasibnya seperti itu. Mujahid Press lagi-lagi sebagai percontohan, penerbit ini ternyata berhasil menumbangkan perkataan di atas.

Kini saya dapat mengatakan, “penulis insya Allah kaya”, bukan sekedar kaya hati , wawasan, dan pengalaman, tapi sejahtera dari segi materi. Menerbitkan karya sendiri (self publishing) adalah satu-satunya jalan pintas untuk semua itu.

Alasan lain selain alasan di atas, jika dirinci satu persatu, mengapa harus mendirikan self publishing adalah:

Daftar Pustaka:
Toha Nasrudin, S.Ag. 2009. Peta Harta Karun. Bandung: Mujahid Press. Hal 125 s.d. 131


Loncat ke URL bagian tertentu:
Bagian 2 >>Klik Disini<<
Bagian 3 >>Klik Disini<<
Bagian 4 >>Klik Disini<<
Bagian 5 >>Klik Disini<<
Bagian 6 >>Klik Disini<<
Bagian 7 >>Klik Disini<<
6 Alasan Kenapa Harus Mendirikan Penerbitan Sendiri? (Bagian 1 dari 7) 6 Alasan Kenapa Harus Mendirikan Penerbitan Sendiri? (Bagian 1 dari 7) Reviewed by Santana Primaraya on 2:38:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.